Berkenalan dengan MEAP

May 18, 2011

Reading time ~2 minutes

SAP Sybase MEAPSAP Sybase MEAP

MEAP adalah kepanjangan dari mobile enterprise application platform (MEAP) yang nantinya akan menjadi software baru untuk enterprise yang ingin menggunakan aplikasi berbasis mobile. Hal ini ditawarkan oleh platform Sybase dengan Afaria.  Nantinya, mobile enterprise application platform (MEAP) akan menjadi tools yang sangat esensial didalam dunia bisnis, khususnya dengan memanfaatkan aplikasi mobile yang semakin terus berkembang.

Lalu apa yang dapat dilakukan MEAP ? Gartner mendefinisikan sebagai aplikasi enterprise untuk pengguna mobile yang setidaknya memiliki 5 komponen:

  • Memiliki development environment dan modeling tool yang terintegrasi
  • Ia harus merupakan sebuah aplikasi enterprise dengan tools yang sudah terintegrasi
  • Memiliki library, konektor dan komponen yang siap pakai
  • Memiliki mobile device management console
  • Memiliki client user interface dan juga end-user environment

Saat ini MEAP yang dimiliki oleh Sybase Unwired Platform mendukung berbagai macam aspek keperluan enterprise termasuk SAP, dan juga dapat di integrasikan langsung dengan Afaria. Dimana Sybase Unwired Platform ini akan memberikan solusi yang cepat dan mudah dalam mendevelop aplikasi mobile dengan bantuan 4GL tooling dan juga terintegrasi dengan development tool yang sudah populer seperti halnya Eclipse development environment. Pendekatan ini akan memudahkan banyak perusahaan agar terhindar dari merekrut pekerja yang memiliki kemampuan khusus dan menghemat pengeluaran IT.

Sebagai tambahan dari platform ini juga memiliki reusable code component yang lebih banyaj. Sehingga dari aplikasi core dapat dikembangkan dan di kostumasi dengan mudah untuk berbagai macam device yang berbeda dan kemampuan yang berbeda pula. Customization akan menjadi hal yang kritis untuk memastikan aplikasi tersebut dapat di optimasi untuk masing masing mobile device dan OS. Sebagai contoh SAP mobile application yang ada saat ini di dukung sepenuhnya oleh Sybase Unwired Platform, artikel selengkapnya dapat diikuti melalui link  “Sybase: Making Mobile Possible.”

MultiPlatform

sybase unwired platformsybase unwired platform

Tentu saja perusahaan enterprise sangat menginginkan agar aplikasi yang dimilikinya mendukung multiplatform, untuk berbagai macam mobile device dengan memanfaatkan Sybase Unwired Platform. Dan satu hal lagi, aplikasi  ini tidak memerlukan konfigurasi yang rumit mengenai platform yang digunakan pada back end seperti – data center, cloud, ataupun aplikasi yang sudah terpackaged seperti halnya SAP – mereka memastikan agar data tersebut dapat di baca oleh berbagai jenis mobile device. Sybase Unwired Platform saat ini mendukung Windows Mobile, Windows 32-bit laptop dan juga tablet, iPhone dan iPad, Symbian device, dan juga RIM BlackBerry devices.

Sybase mampu mencapai tahap heterogenous environment ini dengan menggunakan strategi mobile business objects, atau MBOs. MBO merupakan fondasi utama dari Sybase Unwired Platform. Dengan setting back end yang cukup rumit namun memiliki integrasi yang simple untuk mobile device. Dengan demikian, Business process logic akan dikembangkan dengan tools desain yang terintegrasi, memungkinkan para  mobile solution dapat menghubungkan aplikasi mereka dengan data source.

comments powered by Disqus