AS Membangun Internet Addiction Center

August 25, 2009

Reading time ~2 minutes

http://red-lynx.deviantart.com/art/Disconnect-105373255http://red-lynx.deviantart.com/art/Disconnect-105373255

Jika anda selalu memiliki waktu untuk melakukan social network seperti facebook atau twitter dan plurk mungkin anda telah terkena penyakit Internet Addiction, ataupun jika anda kecanduan akan game online seperti WOW (World of Warcraft) dan banyak waktu anda yang habis karena game online tersebut, mungkin anda juga terkena penyakit yang sama. Baru baru ini AS membuat sebuah tempat khusus untuk menangani orang yang mengalami kecanduan terhadap internet.

Tempat ini disebut dengan Heavensfield, yang terletak di Fall City, tidak jauh dari Redmond (markas besar Microsoft). yang terbangun dari kayu dengan luas 5 acre yang akan menjadikan sebuah tempat yang disebut dengan reStart: Internet Addiction Recovery Program.

Setidaknya ada 2 pekerja clinical social saat ini Cosette Rae dan Hilarie Cash telah membuka 45-day rehab center untuk para orang dewasa yang sangat bergantung dengan gaming, gambling, chatting, texting, dan beberapa aktivitas online lainya. Dan mereka saat ini telah menjadi tempat rehabilitas pertama untuk menanggulangi Internet addiction  di United States.

“Menurut riset 6-10% populasi online sangat bergantung dengan cyber technology dan Internet. Diantaranya adalah gamer, yang khususnya memainkan multi-player games (seperti World of Warcraft) nampak lebih addicted pada tingkat yang sangat tinggi. Tentu saja mengenai Internet addiction sudah di tanggulangi juga di China dan Korea selatan, dimana pemerintah mereka telah mendesain hal ini menjadi prioritas yang tinggi untuk bahaya kesehatan dan mereka juga telah mengembangkan banyak metode treatment untuk mengurangi hal ini.

Deng Senshan, seorang yang berumur 16tahun karena telah log in terlalu sering akhirnya dia dikirimkan ke Guangxi Qihuang Survival Training Camp di bagian southern China dan orang tuanya di denda hingga 7,000 yuan ($1,024.29) untuk 1 bulan treatment.

Bicara soal harga untuk Restart ini juga tidak murah, 45hari treatment akan memakan biaya hingga $14,500 ($322 per hari). Untuk aplikasinya saja akan seharga $200. Screening $800. Jika ingin melakukan backpacking atau melakukan olahraga kayak maka akan menambah biaya $1,575. Sedangkan di tempat lain South Coast Recovery di California menawarnakan diskon 30hari perawatan dari drug dan alcohol program dengan harga $9,000.

comments powered by Disqus