Antivirus Gratis Terbaik tahun 2011

November 19, 2010

Reading time ~5 minutes

[poll id=”2″]

Antivirus adalah software yang sangat penting bagi anda pengguna OS Windows, tampa antivirus, komputer anda akan seperti manusia tampa mengenakan baju pelindung. Apalagi kalau komputer anda selalu terhubung dengan Internet, Atau sering melakukan transfer data lewat USB, akan meningkatkan persentase kalau komputer anda akan sangat mudah terinfeksi dengan Virus.

Mengingat banyaknya virus yang menyerang sistem operasi Windows, berbagai jenis virus pun di klasifikasikan berdasarkan karakteristiknya. Seperti Spyware, Malware, Virus, Trojan dan lainya. Dengan demikian, berbagai jenis antivirus pun bertebaran di Internet untuk Windows, ada yang gratis, ada juga yang tidak. Bagi kita yang menginginkan menggunakan AV yang free mungkin pilihan di bawah ini akan menjadi opsi yang menarik untuk anda.

Jangan lupa memvoting antivirus favorit anda untuk tahun mendatang, dan anda bisa berikan pendapat anda pada komentar di bawah ini.

Panda Cloud Antivirus

Panda Cloud AntivirusPanda Cloud Antivirus

Bersamaan dengan semaraknya teknologi Cloud Computing di Internet, maka Panda juga mulai mengikuti teknologi ini dengan menerapkan sistem Cloud Antivirus dengan menyebutkan Panda Cloud Antivirus. antivirus Panda ini yang gratis ini memang sudah menggunakan teknologi cloud computing sebagai mekanisme barunya dalam mendeteksi malware dan secara real-time dan juga mengurangi penggunaan sumber daya pada sistem komputer kita. Selain itu, AV ini juga memiliki kemampuan agar dapat bekerja sama dengan AV lain.

Begitu Panda Cloud Antivirus terinstall,  maka ia akan melakukan scan terlebih dahulu, apakah komputer anda sudah aman atau belum. Selain itu software ini juga memberikan fitur Quick Scan dan juga Custom scan untuk direktori tertentu, berdasarkan file, ataupun drive.

Dengan memanfaatkan teknologi cloud-based scanning dari PandaLabs servers, proses scan virus dapat ditempuh hanya dalam waktu 6 menit, dan ini merupakan yang paling kecil dan cepat untuk sebuah antivirus. Software ini juga mendukung Windows 7, Vista dan juga XP (32bit).

[link download]

Immunet Pro

immunet-protectimmunet-protect

Salah satu pemain free cloud anti virus software juga dikembangkan oleh Immunet, menggunakan metode yang sama seperti Cloud computing dengan tambahan Community based protection, Collective wisdom dan juga perlindungan dari serangan virus dan malware pada komputer kita.

Selain itu, Immunet juga menggunakan resource yang sangat kecil sewaktu dia berjalan dan sudah mendukung Microsoft Windows XP (SP2 atau later), Vista dan juga Windows 7 (RC 32Bit).

[Link Download]

AVG Free Antivirus

avg-antivirus-9-free-edition-downloadavg-antivirus-9-free-edition-download

AVG 9 Antivirus software telah banyak berkembang dari dulu, perkemangan software ini cukup signifikan hingga pada tahun 2009 software ini sempat menjadi software free favorit kebanyakan user. Saat ini AVG telah meningkatkan kemampuan softwarenya agar dapat bekerja lebih cepat dengan sistem proteksi yang lebih tinggi. Selain itu mereka juga menerapkan modul antivirus untuk mendeteksi spyware, proteksi dari rootkit, email dan juga proteksi dari phishing  dengan memanfaatkan AVG Link scanner untuk memberikan rating sebuah website.

Beberapa kelebihan AVG Diantaranya adalah:

  • Surf, dan search di internet dengan aman berkat adanya LinkScanner yang akan menjauhkan kita dari link link website yang berbahaya.
  • Aktifitas online dan offline yang selalu aman dari viruses, spyware, dan segala bentuk virus.
  • Lebih cepat dan lebih sedikit memakan memory
  • Update otomatis ke server AVG
  • Kompatibel dengan Windows XP, Vista, dan juga Windows 7

AVG antivirus free memiliki ukuran yang cukup besar, hingga 70MB.

Fortinet Internet Security Free


forticlient-endpoint-securityforticlient-endpoint-security

FortiClient EndPoint Security suite, adalah sebuah tools internet security software yang akan . FortiClient Endpoint Security software ini memberikan proteksi SSL/IPSec VPN, WAN, juga terdapat antivirus dan anti-spyware, anti rootkit, Execution Behavioral Analysis, firewall dan juga intrusion prevention.  Versi gratisan ini hampir tidak memiliki perbedaan yang sangat signifikan dibandingkan dengan versi premium nya. Satu satu nya fitur yang tidak dimiliki oleh versi Standard edition hanyalah endpoint management (FortiManager), support services, anti-spam dan juga content filtering.

FortiClient Endpoint Security free edition juga memperbolehkan kita untuk melakukan automatic update langsung melalui FortiGuard™. Fortinet Endpoint Security Software adalah free untuk siapa saja – consumers, small businesses, large enterprises. Dan yang lebih penting, software ini hanya memerlukan:

  • Pentium processor equivalent
  • 100 MB hard disk space
  • Operating System & Minimum RAM - Windows 2000: 128 MB
  • Windows XP 32-bit and 64-bit: 256 MB
  • Windows Server 2003 32-bit and 64-bit: 384 MB
  • Windows Vista: 512 MB
  • Windows 7: 512 MB

[Link Download]

Comodo Internet Security


Comodo internet securityComodo internet security

Comodo Internet Security, mirip dengan yang diatas, security suite gratisan ini menggabungkan Comodo firewall, dan juga antivirus dalam satu aplikasi security.

Comodo Internet Security pernah menjadi software security terbaik untuk freeware karena kemampuanya yang mampu memproteksi komputer secara real-dan selalu berhasil mendeteksi dan menghapus virus, Trojan, dan berbagai jenis hacker software dari komputer anda.

Kali ini Comodo Internet Security telah menambahkan beberapa fitur baru seperti Comodo Secure DNS, Comodo HopSurf dan juga kemampuanya untuk melakukan update dan mencari alternatif URL virus updates.

[Link Download]

Avira Antivir Free


avira-antivir-free-edition-downloadavira-antivir-free-edition-download

Avira AntiVir Free edition, free antivirus software dari Avira GmbH tidak banyak melakukan perubahan dari versi terdahulunya Antivir. Kemampuan baru Avira antivirus kali ini mereka mampu melakukan scan terhadap file yang sedang di lock, kecepatan scanning yang sangat tinggi dengan memanfaatkan teknologi multi-core processor, Pendeteksian adware \ spyware yang lebih akurat dan cepat untuk dapat anda nikmati pada versi gratisan ini.

Beberapa fitur Avira:

  • Control Center untuk monitoring, administrasi dan mengontrol seluruh program
  • Scanner (On-Demand Scan) dengan profile untuk mencari virus dan malware
  • Integrasi langsung dengan Windows Vista User Account Control.
  • Memiliki fitur quarantine management untuk mengisolasi proses yang mencurigakan
  • Rootkit protection untuk mendeteksi malware yang terinstall di komputer (rootkits) (32-bit system)
  • Kemudahan update yang cepat terhadap defenisi virus dan memiliki incremental VDF update yang dapat diakses melalui webserver Internet.
  • dan lainya

[Link Download]

Avast Free Antivirus


avast-5-free-antivirusavast-5-free-antivirus

Avast Free Antivirus, saat ini telah menggantikan versi lama Avast home edition menjadi yang lebih baru. Perubahan terbesar pada Avast free anti virus edition ini dapat dilihat dari user interface ditambah dengan berbagai macam jenis improvement dari antivirus scanning engine, performance dan penggunaan memory, disk dan cpu yang lebih kecil.

Selain itu, free anti virus ini juga di pack dengan berbagai macam jenis sistem proteksi security yang canggih untuk melindungi komputer anda. Salah satunya adalah kemampuan antivirus ini dalam mengoptimalkan multi threaded scanning, yang mampu mensplit file yang besar kedalam core yang berbeda dan mempercepat proses scanning.

Beberapa fitur antivirus terbaik ini adalah:

  • A spyware detection engine
  • avast! Intelligent Scanner
  • Silent/Gaming Mode
  • Behavior Shield
  • Code emulator
  • Heuristics engine
  • Fast application of updates
  • Multi-threaded scanning optimization
  • Real time anti rootkit protection
  • Potentially unwanted programs detection

Avast 5 free antivirus pernah menjadi antivirus terbaik pada tahun 2010 untuk memproteksi komputer anda dari serangan virus, spyware dan malware.

[Link Download]

comments powered by Disqus