Android 1.5 Live Folder

May 03, 2009

Reading time ~1 minute

android_livefolder_listImage from google

Baru baru ini Google memberikan kesempatan baru bagi para Android developer untuk menggunakan software developer kit untuk Android 1.5, yang merupakan kelanjutan versi sebelumnya dari mobile operating system ini. Didalam nya ternyata terdapat banyak fitur baru yang keluar khususnya untuk bagi orang yang telah familiar dalam menggunakan Apple iPhone, namun kali ini Google memberikan sesuatu yang tidak dimiliki iPhone yaitu: Live Folder.

Aplikasi yang lebih kelihatan seperti “more home screen widget,” Live Folders pada dasarnya berfungsi sebagai shortcut view kedalam folder di dalam mobile phone anda disana anda dapat melihat semua konten dari e-books, e-mails, RSS feeds, dan playlist, kecanggihan live folder ini adalah anda tidak memerlukan menjalankan aplikasi terkait untuk membuka file file tersebut. Live Folder juga mendukung real-time updating, jadi misalkan ketika ada e-mail muncul saat anda sedang menggunakan live folder maka updatenya pun akan muncul secara otomatis.

Fitur Live Folder ini memiliki potensial akan tersedia dalam bentuk third-party app yang anda download dari Marketplace, Nampaknya kedepanya akan ada beberapa aplikasi yang memanfaatkan fitur ini, seperti Netflix queue, Facebook status update, video playlist, dan lainya.

Live Folder ini akan selalu tersedia dalam home screen mobile anda selayaknya shortcut icon namun developer dapat memilih apakah mereka akan membuat ini mejadi read-only ataupun memberikan mereka kemampuan untuk memanggil app melalui list view.

Fitur ini dapat anda nikmati pada handphone yang menggunakan Google Android 1.5.

comments powered by Disqus