AMD siap luncurkan Processor dengan dukungan DDR3

February 07, 2009

Reading time ~2 minutes

Advanced Micro Devices tidak lama lagi akan memperkenalkan processor dengan kapabilitas dukungan memory DDR3, lebih cepat dari yang diperkirakan perusahaan ini. Perusahaan ini dalam waktu dekat akan segera meluncurkan processor untuk desktop yang akan dilengkapi dengan DDR3 memory controllers, kata John Taylor, seorang pembucara dari AMD. Taylor juga menolak untuk mengomentari tentang detail spesifik dari processor yang akan di launch ini, sedangkan menurut road map nya menyatakan seharusnya AMD mengeluarkan Phenom II dan triple-core processor.

Controller DDR3 memory datang lebih cepat dari yang di antisipasi yang perkiraanya DDR3 capable Phenom II processors seharusnya hadir pada pertengahan tahun 2009, namun ini dapat dipercepat yang diperkirakan karena faktor harga dari memory.

Dibandingkan dengan DDR2 capable processors, DDR3 capable chips akan memungkinkan pengiriman informasi dari memory ke CPU akan lebih cepat, dapat dikatakan dapat meningkatkan performance PC anda. Untuk menjalankan DDR3 capable processors, AMD akan memperkenalkan soket terbaru yaitu AM3 untuk motherboard.

AMD memutuskan untuk berpindah ke DDR3 memory adalah untuk mengupayakan agar CPU dapat bekerja lebih cepat jadi secara efektif akan sanggup bersaing dengan Intel khususnya pada high-end PC dan server market, kata Dean McCarron, presiden dari Mercury Research, sebuah perusahaan market analysis.

Intel Core i7 processor yang terkenal untuk gaming systems telah di release pada bulan November telah mensupport DDR3 memory. Intel juga menambahkan kompabilitas DDR3 nya pada chip untuk portable product seperti laptop.Dilain tempat perusahaan Motherboard seperti Asus telah mengumumkan kalau mereka akan memiliki produk AM3 motherboard yang kompatible dengan DDR3, khususnya untuk Phenom II processor. CPU ini nantinya juga akan mensupport DDR2 dan DDR3 memory controller, sehingga ini dapat bekerja pada motherboard lama dengan DDR2 memory.

Baru baru ini AMD telah mengeluarkan quad-core Phenom II processor, dimana processor ini disebut dengan “highest-performing” CPU pada tahun ini. yang ditargetkan untuk high-end desktop PC, chips ini akan berjalan pada kecepatan sampai 3GHz dengan 8MB cache.

Namun bagi para overcloker Phenom II chips akan lebih menarik karena memiliki clock speed yang lebih cepat. Memiliki kemampuan untuk mengoverclock sampai 6.5GHz dengan liquid-cooled systems dan dapat berjalan sampai 4GHz dengna menggunakan sistem pendingin angin.

AMD akan mengembangkan processore dengan DDR3 memory support untuk server dengan nama Maranello pada tahun 2010. Maranello platform akan terdiri dari 6-core Sao Paulo dan 12-core Magny-Cours.

comments powered by Disqus