AMD Sempurnakan Integrated Graphics Chipset

August 09, 2009

Reading time ~1 minute

Amd Chipset akan lebih powerfullAmd Chipset akan lebih powerfull

Advanced Micro Devices akan memperkenalkan chipset terbaru mereka dengan mengusung teknologi integrated graphics core yang akan memberikan kemampuan high-definition video processing yang lebih baik dibandingkan dengan chipset sebelumnya. AMD 785G chipset akan memberikan kemampuan yang lebih baik dalam prosesing raw graphics dibandingkan dengan 780G, dan sudah memiliki fitur advanced HD video decoding pada graphic controller secara terintegrasi. Graphic core teknologi ini menggunakan basis dari ATI Radeon HD 4200 graphic processor, yang merupakan improvisasi dari Radeon HD 3200 pada 780G chipset.

Graphic core baru ini akan memberikan hasil gambar yang lebih clear dan lebih terang ungkap Brent Barry, product marketing manager untuk desktop di AMD. Chipset versi awalnya sudah dilengkapi dengan HD video decoding dari CPU ke graphic controller, sedangkan chipset ini memiliki mekanisme post-processing untuk meningkatkan kualitas  quality, ungkap Barry lagi. Chipset ini nantinya mampu mengirimkan video dengan kualitas HD pada display device, termasuk HDMI (High-Definition Multimedia Interface) 1.3 dan DisplayPort.

Chipset ini juga akan menjadi chipset versi murah untuk mensupport DirectX 10.1, Microsoft API (application programming interface), yang banyak digunakan pada gaming dan video dalam Windows. DirectX 10.1 API akan mempercepat proses rendering untuk membawa proses yang realistis pada 3D game. Game seperti “World of Warcraft,” “The Sims 3” dan “Battlefield Heroes” akan mengalami peningkatan performance pada chipset baru ini, ungkap Barry.

AMD 790GX chipset akan mendukung teknologi pada DirectX 10.1, namun ini dapat dimanfaatkan pada system dengan spesifikasi yang lebih tinggi dimana user dapat menambahkan discrete graphic card kedalam motherboard.

785G akan dapat bekerja pada semua jenis AMD processor seperti Athlon, Phenom dan Sempron. Teknologi ini ditargetkan untuk para user yang menginginkan system dengan kemampuan graphic yang ok dengan harga terbatas.

comments powered by Disqus