AMD Roadmap processor 2011

November 17, 2009

Reading time ~1 minute

ProcessorProcessor

AMD  kali ini memberikan jadwal CPU dan GPU roadmap yang akan keluar di masa mendatang. Untuk masalah AMD GPU di tahun mendatang AMD akan mendukung DirectX 11 dan sudah menggunakan arsitektur 40-nm yang akan mengisi genersai kedepan dari RV870 GPU dari tahun 2009 ini. Berhubung dengan informasi detailnya sudah muncul di Jepang, AMD nampak merubah arsitektur dari CPU roadmap nya. Anda dapat melihat tabel berikut ini:

AMD juga melakukan banyak perbaikan pada mobile CPU nya yang merupakan bagian dari roadmap, yang nantinya AMD akan mengeluarkan produk 4 core processor yang akan keluar di pertengahan tahun 2010, “Caspian”, “Conesus”, “Champlain”, dan juga “Geneva”. Untuk roadmap desktop akan di dominasi oleh Deneb, yang kita ketahui akan memiliki brand sebagai Phenom II. Lalu pada tahun 2011, AMD berencana untuk mengeluarkan Orochi yang diperuntukan untuk high-end desktop yang dilengkapi dengan CPU-GPU hybrid processor (AMD menyebutnya sebagai APU atau accelerated processing units) yang mengkombinasikan CPU dengan graphic. Processor yang bakal hadir ini memiliki codenamed “Llano” dan “Ontario”.

Amd kelas NotebookAmd kelas Notebook

Awalnya AMD roadmap telah mengindikasikan kalau CPU-GPU atau yang disebut dengan APU yang lahir pada tahun 2009. Pada waktu yang lalu AMD mengakuisisi ATI pada tahun 2006, dengan menggunakan arsitektur yang lebih kecil hingga 32-nm dengan Llano and Ontario, sedangkan untuk mobile AMD berencana untuk masih menggunakan prosesor konvensional dengan arsitektur 45-nm.

Namun yang pertama hadir adalah Caspian, Conesus, dan Huron.

comments powered by Disqus