AMD 6core mulai hadir bulan April

March 12, 2010

Reading time ~1 minute

AMD RoadmapAMD Roadmap

Sehubungan dengan motherboard berchipset ekonomis yang dikeluarkan AMD, nantinya akan dibarengi dengan dikeluarkanya prosesor generasi hexa-core yang diberi codename Thuban. Prosesor yang akan mengisi pasaran desktop di masa mendatang ini akan dikeluarkan bersamaan dengan chipset baru AMD yaitu 890GX yang di launch pada bulan maret ini. Nantinya, Thuban akan memiliki 3 rasa, yaitu: Phenom II X6 1035T, 1055T, dan juga 1075T. Namun sayang nya tekno belum mengetahui arti dari model ini.

Processor Thuban akan sama dengan Phenom II yakni memiliki kompabilitas terhadap motherboard soket AM3/AM2+/AM2 yang kita perlukan hanyalah proses update BIOS saja. Pada generasi Thuban, AMD akan memperkenalkan fitur baru yaitu: Turbo Boost-like technology yang mampu meng overclock beberapa core untuk menginkatkan performance dan juga mematikan core yang tidak digunakan untuk menurunkan konsumsi daya.

Nantinya AMD Thuban akan disandingkan untuk menjadi penantang quad-core Core i7/Core i5 processor. Sebagaimana kalau dalam dunia teoritis memiliki 6 core tidak dapat di adu karena AMD memiliki 6 fisik core, sedangkan intel memiliki quad-core Nehalem dengan Hyper Threading, jadi kita lihat, bagaimana AMD akan memainkan harga processor ini untuk dapat diadu dengan corei7.

comments powered by Disqus