5 Inovasi IBM yang akan hadir dimasa mendatang

January 15, 2011

Reading time ~4 minutes

5 Inovasi IBM dalam 5 tahun mendatang5 Inovasi IBM dalam 5 tahun mendatang

IBM baru baru ini mengumumkan mengenai 5 hasil riset mereka yang akan membawa manusia ke peradaban teknologi baru. Kelima teknologi ini diyakini IBM akan merubah bagaimana orang akan bekerja, dan hidup di masa mendatang. Tentu saja hal ini belum mencakup kendaraan yang dapat terbang, atau robot pelayan. Namun yang akan hadir sudah tentunya yaitu, teknologi holographic, baterai bertenaga udara, personal environmental sensor, alat prediksi kemacetan dan juga pemanas gedung berbasis komputer.

Gambar hologram 3 dimensi

Hologram 3dHologram 3d

Salah satu teknologi yang telah kita lihat di film sci-fi seperti Star Wars tentang keberadaan teknologi yang mampu berkomunikasi dengan gambar seukuran holografik dari orang lain secara real time. Para futuris dari IBM membuat sebuah kemajuan teknologi baru kamera 3D dan juga film, teknologi holografi nantinya diprediksi akan dimanfaatkan untuk penggunaan chatting (3D telepresence). Salah satunya adalah Universitas Arizona yang juga telah meluncurkan sebuah sistem yang dapat mengirimkan gambar hologram di secara real-time. Hal ini juga diramalkan bahwa nantinya visualisasi 3D dapat diterapkan juga pada data, sehingga memungkinkan para peneliti untuk “lebih dalam dalam” memanfaatkan software untuk melakukan risetnya dengan bantuan komputer.

Baterai yang mampu bernafas untuk me re cas ulang

Inovasi baterai bernafasInovasi baterai bernafas

Batere dengan Lithium dan udara sedang dalam pengembangan IBM. Mereka memprediksi kalau baterai “menggunakan udara seperti layaknya pernafasan dan dapat bereaksi dengan logam padat hingga menghasilkan energi”, baterai ini nantinya dapat diisi ulang  dengan kekuatan sepuluh kali lebih lama dibanding lithium-ion yang ada pada  hari ini. Sementara baterai tersebut dapat digunakan untuk segala jenis perangkat elektronik mulai dari mobil hingga peralatan rumah, bahkan nantinya kita tidak memerlukan baterai lagi untuk perlatan elektronik yang kecil seperti ponsel. IBM kali ini sedang mencoba untuk mengurangi jumlah penggunaan daya yang diperlukan untuk perangkat tersebut menjadi kurang dari 0,5 volt per transistor. Selain itu, baterai ini juga dapat dimanfaatkan untuk melakukan “scavenging energy” – seperti ada jam tangan kinetik untuk mendapatkan kuasa dari gerakan lengan pengguna, atau perangkat piezoelektrik.

Personal sensor yang mudah didapat untuk mengambil data

Sensor lebih berfariasi untuk mengambil dataSensor lebih berfariasi untuk mengambil data

Seperti saat ini data akan menjadi bagian penting yang akan mengisi kehidupan manusia, untuk itu, nantinya kita akan memiliki berbagai macam jenis sensor yang dapat terhubung satu sama lainya dengan mudah, untuk melihat, dan mengkalkulasi segala macam jenis yang ada pada lingkungan, apakah itu cuaca, populasi binatang, dapat dipasangkan sensor kecil dan kita akan lebih mudah mengetahui berbagai macam hal karena keberadaan data tersebut, saat ini sensor telah dipasangkan pada berbagai peralatan telepon, mobil, dompet, komputer, dan lainya. Sensor tersebut dapat digunakan untuk membuat data set besar dan akan diutamakan digunakan untuk memerangi pemanasan global dan juga untuk pelacakan spesies.

Sistem navigasi pintar yang mampu membaca dan memprediksi

Sistem navigasi yang lebih canggihSistem navigasi yang lebih canggih

Banyaknya map map offline dan juga online sudah banyak tersedia dan dapat digunakan dengan mudah, namun sayang nya hal ini belumlah bermanfaat dengan baik. Nantinya IBM dengan sensor dan data yang memadai akan mampu memberikan kemampuan  untuk memberitahukan keadaan disebuah jalan raya secara realtime hal ini tentunya akan menghindari kita dari kemacetan, ketika ada pembangunan jalan, atau ada event pengalihan jalan yang memberikan efek kemacetan. Saat ini jika kita meminta sistem map, ataupun gps untuk mencari jalan yang tercepat dari A ke B, maka software tersebut akan mengkalkulasi map tersebut, namun tidak menghitung variable lainya, seperti halnya variable jam, mungkin saja pada jam tertentu jalan yang akan kita lalui ini macet. Sistem komputer seharusnya mampu membaca alur waktu secara umum dan merekam nya, sehingga akan menjadi patokan ketika kita ingin mencari jalan pada waktu kapanpun. Hal ini akan melibatkan data dari traffic management system sehingga kita sistem dapat membaca traffic pattern, dan melakukan self-adjustment.

Pemanfaatan panas komputer untuk menjadi sumber energi lain

Pengalihan panas komputerPengalihan panas komputer

IBM meng estimasikan kalau setengah dari energi yang di konsum oleh sebuah data center akan pergi ke sistem pendingin komputer  dan processor, sehingga dengan pola sedemikian rupa, kita telah membuang energi panas begitu saja ke dalam atmosfir. IBM pun melihat ini sebagai ide yang bagus, dengan demikian mereka akan merancang sebuah alat yang mampu mendistribusikan panas dengan lebih baik misalnya dengan mengalirkan panas ke sebuah gedung yang memerlukan pemanas, atau untuk memanaskan air dan bahkan dapat juga digunakan untuk dikonversi menjadi energi listrik. IBM saat ini sedang mengembangkan sebuah on-chip water-cooling system untuk penggunaan komputer cluster, dan ini baru saja di demontrasikan di Swiss Aquasar supercomputer. Teknologi ini menggunakan teknologi jaringan microfluid kapiler yang terdapat dalam heat sink, dan dipasangkan ke setiap chip. Sehingga Air pun mengalir melalui rongga rongga micron untuk mengambil panas hingga pipa pipa tersebut menjadi panas untuk dimanfaatkan, hingga air kembali menjadi dingin dan kembali ke komputer terus berulang ulang.

http://www.youtube.com/watch?v=anKiEoxkpxM

comments powered by Disqus