11 tips Cepat browsing google

February 06, 2008

Reading time ~3 minutes

Berikut adalah tips ketika anda sedang memanfaatkan google dalam mencari situs, tips berikut ini mampu memberikan anda ketepatan dan ketelitian yang lebih tinggi ketimbang anda mencari secara normal, berikut adalah tips nya

1. Explicit Phrase

Katakanlah anda ingin mencari konten web tentang internet marketing. mungkin biasanya anda akan mengetikan internet marketing ke bar pencaharian Google, namun dengan menggunakan explicitly phrase anda dapat memperkecil range google dalam mencari kata yang anda maksud dengan menempatkan "double quotes" di antara kalimat tersebut sehingga menjadi.

Contoh: “internet marketing”

2. Exclude Words

Kembali ke pencaharian internet marketing lagi, namun anda ingin memisahkan hasil pencaharian yang mengandung kata term advertising untuk tidak di tampilkan di web. maka untuk ini anda dapat menggunakan “-“ di depan kata yang tidak ingin anda masukan seperti contoh.

*Contoh Search: internet marketing -advertising*

3. Site Specific Search

Terkadang anda ingin mencari sebuah konten yang terdapat di dalam site tersebut, namun sayangnya site tersebut tidak memiliki feature search nya, sehingga ini mempersulit anda untuk mencari konten yang anda inginkan. Walaupun di dalam web tersebut tidak terdapat fitur pencaharian, anda dapat menggunakan Google untuk melakukan pencaharian pada site tersebut dengan term yang kita tentukan. gunkan sintaks “site:somesite.com” Termnya.

*Contoh: “internet marketing” site:www.smallbusinesshub.com*

4. Similar Words and Synonyms

Bagaimana misalnya jika anda ingin memasukan kata lain agar ditampilkan di hasil pencharaian google, untuk itu anda bisa menggunakan simbol “~” pada depan kata nya.

*Contoh: “internet marketing” ~professional*

5. Specific Document Types

Jika anda ingin mencari sebuah dokumen dengan tipe tertentu anda dapat menggunakan modifier “filetype:”. Misalnya anda ingin mencari persentasi PowerPoint yang memiliki keterkaitan dengan internet marketing maka:

*Contoh: “internet marketing” filetype:ppt*

6. This OR That

Jika anda ingin mencari 2 pencaharian sekaligus untuk ditampilkan pada result google search maka anda dapat menggunakan operator OR operator. (Ingat: Operator ini OR harus huruf besar).

*Contoh: internet marketing OR advertising*

7. Numeric Ranges

Ini sangat jarang digunakan namun masih sangat bermanfaat. Ini memungkinkan jika anda ingin mencari sesuatu yang disertai dengan range dari number yang ada. anda bisa melakukan ini dengan menggunakan format X..Y modifier (Diantara X danY adalah sebuah range yang terdiri dari perioda. Model pencaharian begini biasanya sering sukses kalau dikaitkan dengan tahun (seperti contoh di bawah ini).

*Contoh: president 1940..1950*

8. Stock (Ticker Symbol)

Masukan secara langsung valid ticker symbol dari term pencaharaian Google dan Google akan memberikan hasil status financial dan sebuah grafik thumb-nail dari stock tersebut.

*Contoh: GOOG*

9. Calculator

Lain kali kalau anda membutuhkan kalkulator dengan sangat cepat, lebih cepat daripada membuka aplikasi Calculator itu sendiri maka anda dapat menggunakan ekspresi di Google, sehinnga anda dapat menemukan hasilnya dengan cepat.

*Contoh: 48512 * 1.02*

10. Word Definitions

Jika anda ingin mencari arti dari sebuah definisi maka anda dapat menggukan perintah “define:” seperti yang ada di bawah ini.

*Contoh: define:plethora*

11. Searching for URLs containing certain words

Dengan menggunakan "inurl:word" modifier anda dapat mencari kata pada url tersebut dan dapat juga anda kombinasikan seperti contoh di bawah ini.

*Contoh: site:forumw.org inurl:discuss*

Demikian 11 tips cepat browsing dari Google, semoga dengan ini anda dapat mempercepat menemukan apa yang anda inginkan.

comments powered by Disqus