Mengetahui 3 Ketentuan Macam macam Zakat di Indonesia


Indonesia adalah salah satu negara yang mayoritasnya adalah umat muslim. Tidak heran jika di Indonesia, zakat adalah salah satu hal yang wajib dilakukan. Apalagi saat menjelang hari raya lebaran. Dalam agama Islam terdapat dua jenis zakat dan ketentuan macam macam zakat yang biasa dilakukan.

Jenis zakat yang pertama adalah zakat fitrah. Zakat inilah yang biasanya dilakukan ketika bulan Ramadhan tiba. Jenis zakat ini merupakan jenis yang wajib dibayarkan oleh umat muslim dengan cara memberikan beras, gandum, kurma, dan biji-bijian. Jenis zakat yang kedua adalah zakat maal yang berati zakat penghasilan.

Ketentuan Macam macam Zakat 

Berikut 3 ketentuan jenis zakat yang dilakukan di Indonesia.

Tijarah

Ketentuan zakat tijarah atau zakat perdagangan. Dengan kata lain, zakat ini memiliki kaitan dengan komoditas perdagangan. Ketentuan dati zakat jenis ini adalah berdasarkan modal dan perhitungannya dari total penjualan sekitar 2,5%. Zakat tersebut bisa Anda bayarkan berupa uang dalam jumlah yang sama atau barang dagang.

Binatang Ternak

Binatang ternak merupakan jenis zakat penghasilan yang bisa Anda bayarkan. Hewan yang termasuk atau boleh dilakukan zakat adalah hewan yang memberikan manfaat. Contohnya adalah sapi atau kambing. Boleh juga hewan yang digembalakan, mencapai satu tahun, mencari makan sendiri, dan mencapai nisab. Ketentuan dari zakat jenis ini adalah jika Anda memelihara 30 ekor kambing, maka yang dibayar adalah seekor anak kambing satu tahun.

Emas dan Perak

Anda juga bisa membayarkan zakat berupa emas atau perak. Ketentuannya adalah sudah memilikinya selama satu tahun dan mencapai nisab. Ketentuan dalam perhitungannya adalah 2,5% dari jumlah nilai emas atau perak. Contohnya, emas yang Anda miliki adalah 50gram, sedangkan nilai 1gram adalah Rp50.000, maka Anda harus membayar zakat sejumlah Rp62.500. Begitu juga dengan perak yang Anda miliki.

Tujuan dari adanya zakat adalah untuk membuat orang suci yang sedang berpuasa agar terhindar dari dosa. Dengan melalukan zakat, secara tidak langsung Anda mencukupi kebutuhan bagi mereka yang tidak mampu. Itulah beberapa ketentuan macam macam zakat yang harus Anda tahu. Mari berbagi dengan melakukan zakat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel