Jenis Pemancar Wi-Fi Mana yang Paling Efektif?


Menggunakan Wi-Fi kini sudah jadi kebutuhan utama. Di mana saja, kapan saja, semua perangkat yang dimiliki wajib terhubung dengan jaringan Wi-Fi aktif agar dapat tetap berkomunikasi dan menunjang berbagai pekerjaan yang terkait dengan internet. Tentu, tidak ada salahnya kamu sedikit memahami mengenai pemancar Wi-Fi yang digunakan di area sekitar. New knowledge everyday!

hingga saat ini setidaknya terdapat 6 jenis pemancar Wi-Fi yang digunakan secara umum. Tentu, perbedaan jenis ini akan mengacu pada kegunaan dan peruntukannya. Setiap jenis pemancar memiliki kelebihan masing-masing sehingga bisa bekerja optimal melayani kebutuhan internet semua orang.
Nah, inilah sedikit penjelasan terkait jenis pemancar Wi-Fi yang biasa digunakan di berbagai tempat.

Pemancar Wi-Fi Jenis Grid

Menjadi salah satu jenis pemancar yang kerap digunakan pada area kecil, jenis ini dinilai dapat bekerja optimal memancarkan sinyal Wi-Fi. Bentuknya seperti jaring dan cukup unik, mungkin mengingatkan kamu pada penutup lauk yang sering ditemui di dapur rumah. Cakupan pemancar ini searah, jadi diperlukan pemancar lain yang diletakkan di tempat terpisah secara berhadapan agar dapat bekerja dengan baik. Dengan bantuan gelombang radio pada frekuensi 2.4 Ghz dan 5 GHz, pemancar ini bisa menjadi salah satu pilihan jika ingin memberikan sinyal pada area yang kecil.

Jenis Sectoral


Pemancar Wi-Fi yang satu ini seringkali digunakan oleh tower GSM di lokasi yang cukup tinggi. Daya tampungnya mencapai 5 klien dalam sekali waktu, sehingga mudah digunakan oleh beberapa perangkat sekaligus. Pemancar ini dipasang secara horizontal dengan sudut setidaknya 120 derajat dengan tujuan memperluas area cakupan dan jarak hubung yang lebih jauh. Sepertinya jenis yang satu ini lebih condong digunakan oleh klien berupa industri dan bukan perorangan ya?

Pemancar Jenis Omni

Dengan ukuran yang lebih kecil, pemancar jenis Omni menjadi salah satu pilihan menarik yang bisa kamu pakai ketika mencari pemancar Wi-Fi. Sinyal yang dipancarkan akan berbentuk lingkaran, ke semua arah dengan pusat pada perangkat tersebut. Meski dapat dikatakan memiliki cakupan yang lebih luas dibandingkan pemancar grid, namun tetap saja skala penggunaannya tidak terlalu besar. Mungkin akan cocok jika digunakan di area kos-kosan, sekolah, perkantoran, atau tempat usaha yang ukurannya kecil.

Pemancar 8 Quad


Merupakan pemancar yang biasa digunakan di area-area yang cukup terpencil, kekuatan pemancar ini rasanya lebih bisa diandalkan untuk membantu kamu mendapatkan sinyal Wi-Fi. Prinsip kerja yang digunakan menyerupai dengan pemancar sectoral, sehingga biasanya ditempatkan pada lokasi yang cukup tinggi dan diarahkan pada titik yang menjadi lokasi penggunanya.

Pemancar ‘Langka’, Jenis Yagi

Menjadi salah satu jenis pemancar yang cukup jarang digunakan, jenis Yagi ini memiliki bentuk yang unik. Secara prinsip penggunaan, pemancar ini harus diarahkan pada pemancar lain agar dapat berfungsi dengan baik. Bentuknya menyerupai tulang ikan, dan ditujukan untuk memperbesar cakupan wilayah pancaran sinyal Wi-Fi. Meski demikian jenis ini cukup jarang digunakan. Entah karena apa, orang-orang tampaknya lebih memilih menggunakan pemancar tipe grid sebagai pilihan utama dibandingkan dengan pemancar Yagi.

Pemancar Parabolic


Mungkin dari sekian banyak jenis pemancar yang kamu baca disini, jenis ini yang paling sering kamu temui di kehidupan sehari-hari. Ya, pemancar ini merupakan salah satu pemancar paling populer yang digunakan oleh penyedia layanan internet guna memancarkan Wi-Fi di area yang cukup luas. Selain itu, pemancar ini juga memiliki bahan yang baik jadi tidak mudah rusak terkena paparan cuaca.

Pemancar Wi-Fi Jenis PVC

Dengan bentuk yang tak kalah unik, pemancar ini mampu memberikan sinyal Wi-Fi pada jarak 200 hingga 300 meter dengan optimal. Cukup luas bukan? Pemancar ini dibuat dengan memanfaatkan pipa PVC yang dibalut dengan lembar aluminium, sehingga cenderung lebih awet dan bisa diletakkan di luar ruangan.

Berikut tadi jenis-jenis pemancar yang biasa digunakan oleh pengguna personal atau organisasi dalam skala yang lebih besar. Penggunaan setiap pemancar Wi-Fi akan maksimal jika digunakan sesuai peruntukan dan tujuannya, jadi pastikan kamu memilih pemancar yang tepat untuk lokasi dan layanan yang kamu pilih ya.

Pemancar Wi-Fi memang kini masih digunakan, meski dalam bentuk yang berbeda dan tak selalu sama dengan apa yang disebutkan di atas. Biasanya, untuk terhubung ke jaringan internet, orang-orang akan menggunakan layanan serat optik yang ditanam menuju satu area dan bersumber pada lokasi penyedia layanan internet.

Nah, salah satu layanan yang menggunakan serat fiber untuk menghubungkan kamu ke jaringan internet adalah Biznet Home. Dengan dilengkapi pemancar Wi-Fi teknologi terbaru, dijamin koneksi yang kamu nikmati semakin cepat dan stabil. Pasang Wi-Fi jadi mudah, cepat dan ringkas, tanpa harus memakan banyak waktu dan biaya. Kunjungi situs resminya sekarang juga, dan bergabunglah dengan jaringan super cepat dari Biznet Home!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel