Jangan Sampai Menyesal, Inilah 5 Kesalahan Mengatur Keuangan Rumah Tangga yang Harus Dihindari


Kondisi finansial memang menjadi salah satu acuan utama yang dipertimbangkan ketika seseorang mulai memutuskan untuk berumah tangga. Jadi tidak salah jika banyak diantara pasangan yang memutuskan untuk menikah ketika finansial mereka juga cukup. Karena tidak ingin terjadi masalah pada hubungan rumah tangga tersebut dikarenakan masalah finansial ini. apalagi sebenarnya bukan sebuah rahasia lagi jika seandainya banyak diantara pasangan usia muda yang bercerai karena faktor finansial ini. Sehingga sangat penting sebenarnya belajar mengelola keuangan rumah tangga bahkan sebelum Anda menikah, harus ada kesepakatan bersama dengan calon pasangan.

Banyak faktor yang menyebabkan tingginya angka perceraian pasangan yang baru menikah di Indonesia, termasuk hal-hal yang berhubungan dengan finansial. Apalagi jika seandainya mereka menikah dalam kondisi keuangan yang masih belum stabil, tentunya akan jadi sangat riskan untuk hubungan kedepannya. Banyak juga diantara kesalahan yang kerap dilakukan pasangan di dalam mengatur finansial rumah tangga mereka dan hendaknya patut untuk Anda hindari, yaitu:

  1. Tidak terbuka masalah finansial sejak awal, hal semacam ini patut untuk Anda komunikasikan sedari awal menjalin hubungan, apalagi sudah ada keinginan untuk melangkah ke jenjang yang lebih serius. Sering kali banyak yang merasa tidak enak untuk mengetahui berapa besarnya gaji pacar, padahal penting untuk dijadikan sebagai pertimbangan ketika mulai berumah tangga atau menikah. Tujuannya adalah agar masing-masing diantara Anda memiliki modal untuk melangkah ke jenjang yang lebih serius, jika memang memiliki hutang, maka tahu bagaimana langkah dalam menyelesaikannya terlebih dahulu.
  2. Memiliki tujuan keuangan yang berbeda, masalah semacam ini juga kerap kali menyebabkan cek-cok dalam urusan rumah tangga, karena sedari awal memang sudah tidak searah, Anda memiliki tujuan keuangan yang berbeda dengan pasangan, satunya untuk investasi, sedangkan satunya lagi untuk kebutuhan hiburan misalnya. Sudah pasti akan sangat sulit untuk menemukan titik temu. Juga bukan hal yang tidak mungkin nantinya menyebabkan masalah di dalam pengelolaan finansial tersebut.
  3. Menyerahkan pengelolaan uang tersebut hanya kepada satu orang, meskipun pada pasangan sendiri hendaknya Anda juga tidak boleh percaya begitu saja, tetap harus dikontrol secara tepat. Apalagi bagi keluarga atau pasangan yang baru saja menikah, sering kali pasangan tergoda dengan hal yang lainnya. Karena pada dasarnya masa awal pernikahan tersebut masih training dalam mengelola keuangan, untuk itu harus dilakukan bersama agar bisa mencapai tujuan keuangan yang sehat.
  4. Menyembunyikan hutang, ada kalanya salah satu pasangan berhutang, karena merasa kurang enak dengan pasangannya maka menyembunyikan hal tersebut. Padahal sebenarnya hutang ini juga dilakukan untuk kepentingan bersama. Ini hal yang tentunya salah. Sebaiknya jika ada keinginan untuk berhutang atau kredit tetap harus dikomunikasikan bersama. Sehingga nantinya ada jalan keluar yang dapat diambil terkait masalah ini.
  5. Tidak mempersiapkan dana darurat dan juga investasi, hanya fokus pada tabungan saja, padahal sebenarnya Anda juga membutuhkan dana darurat untuk hal-hal yang sifatnya tidak pasti, ingat bahwa tabungan saja resikonya sangat tinggi akan inflasi, jika memang ada keuangan lebih maka lebih baik bagi Anda untuk menginvestasikannya.

Itulah setidaknya 5 kesalahan yang harus dihindari dalam mengelola keuangan rumah tangga, jika kondisi finansial Anda aman, maka nantinya rumah tangga juga jadi lebih tenang. Untuk itu pengelolaan yang benar harus diterapkan mulai dari sekarang, jangan menunda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel